#b-navbar { height:0px; visibility:hidden; display:none }
 
 
Wednesday, December 20, 2006
Firewall TetanggaNet
Sudah beberapa bulan ini gue menggunakan internet broadband yang sharing dengan tetangga. 1 internet cable connection (Indosat M2) disharing ke 3 rumah. Untuk sharing internet connection gue saat ini menggunakan SmootWall Express 2.0

SmoothWall Express ini merupakan Firewall yang opensource. Cukup ok, selain gratis, fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap : Port Forwarding, DHCP Server, Proxy Server, dll.



Sebelumnya untuk hardware gue menggunakan PC tua jaman gue kuliah dulu. Yang kebetulan masih ngejogrok di gudang. Speknya: Pentium 200 MMX (upgrade dari P 133), Ram 32, Harddisk 1 Gig, 2 ethernet card (3Com 3c905B-TX).





Setelah beberapa kali jebol harddisk, maklum sudah usianya. Beberapa waktu lalu gue mengganti Hardware dengan yang lebih prowerfull. Spesifikasinya Via P6VEM3 dengan onboard Processor Via Giga Pro 2 Ghz, Ram 256 MB, Harddisk Maxtor 40 GB, 2 ethernet card (3Com 3c905B-TX).


Motherboard ini kalau dipasaran harganya sekitar 460ribu-an.

Setelah di Install, performance-nya cukup baik untuk melayani kebutuhan internet kami. Services yang running antara lain; Firewall, DHCP Server, Proxy, dll. Record up-time terlama yang pernah diraih 24 hari. Sebetulnya harusnya bisa lebih lama, karena listrik yang sering drop.


posted by Sunu's Weblog @ 4:24 PM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
About Me


Name: Sunu's Weblog
Home: Jakarta, DKI, Indonesia
About Me: I'am a young success maried man. I was married at 23, and I got a son in age of 24. Now, I have two naughty cute sons.
See my complete profile

Previous Post
Archives
Blog Roll
Shout Box

Supported By
SmoothWall Express